Menentukan Topik Atau Konten Blog

Menentukan topik atau konten sebuah blog adalah hal yang utama bagi sobat yang ingin terjun kedunia blogging.

Topik atau konten ini bisa dianggap sebagai identitas dari blog yang akan sobat buat. Tidak hanya itu, hal tersebut juga bisa menjalin kepercayaan dari para pembaca blog sobat.

Dari banyaknya blog-blog yang ada di internet, semuanya pasti memiliki topik atau konten yang berbeda-beda tergantung si pembuat blog tersebut.

Bagi sobat yang ingin membuat atau membangun sebuah blog. Menentukan topik atau konten ini bisa jadi akan terasa sulit karena sobat sendiri belum mengetahui sasaran sobat untuk apa blog yang sobat buat tersebut.

Maka dari itu, untuk membuat sebuah blog, sebaiknya sobat bisa benar-benar mengetahui dulu tujuan dan sasaran yang akan sobat tuju dari blog sobat.

Hal ini sangat berguna supaya blog sobat nantinya tidak sia-sia dan putus ditengah jalan karena sobat bingung mau nulis apa dan sulitnya menarik pembaca diluar sana.

Mungkin dari sobat akan ada yang mengatakan bergini.

Bikin aja blog gado-gado dari pada susah-susah dan bingung cari konten!

Memang, membuat sebuah blog gado-gado bisa saja kita anggap mudah karena kita tidak akan kehabisan bahan untuk mengisi konten dalam blog kita.

Tapi, untuk membuat blog gado-gado tersebut sebenarnya akan membuat sobat menghabisakan banyak waktu hanya untuk mencari topik-topik diluar sana.

Lain halnya blog sobat isinya cuman coppy paste, sobat bisa membuat artikel labih dari 10 dan berbeda-beda setiap hari. Tapi, saya harap blog sobat tidak coppy paste ya, hehe

Dari beberapa alesan di atas, disini saya akan memberikan beberapa perbandingan dari blog yang gado-gado dan blog yang membahas satu topik tertentu.

Semoga artikel ini bisa membantu sobat untuk menentukan topik atau konten ketika sobat ingin terjun kedunia blogging.

Oke, langsung saja kita lanjut untuk membahas lebih jauh dari menentukan konten blog tersebut.

Membuat Blog Gado-gado Alias Membahas Banyak Topik

Membuat blog gado-gado atau banyak topik memang tidak terlalu sulit dalam penulisan artikel. Tapi, membangun blog yang seperti ini sebebarnya akan membuat sobat sulit menjalin kepercayaan pembaca diluar sana.

Keuntungan membuat blog gado-gado

#1. Banyak topik pembahasan

Salah satu kelebihan membangun blog gado-gado yaitu banyaknya topik yang bisa sobat buat, sobat bisa menulis artikel apa aja yang sobat sukai.

#2. Mencakup pembaca yang luas

Pembaca dari blog gado-gado juga tidak terbatas, sasaran dari blog sobat bisa berasal dari semua kalangan, baik tua maupun muda, baik perempuan dan juga laki-laki.

Kekurangan membuat blog gado-gado

Setelah tadi kita membahas keuntungan membangun blog gado-gado, sekarang kita membahas kekurangannya ya sobat.

#1. Dampak pada SEO

Pada dasarnya, prinsip google dalam menentukan peringkat dipencarian itu berdasarkan topik dari blog kita.

Dari hasil pencarian, jika seseorang memasukan pencarian di google, maka google akan menampilkan blog yang membahas satu topik tertentu dan berada pada paling atas pencarian.

Kenapa begitu, google menilai sebuah blog yang membahas satu topik tertentu akan lebih kompetibel dibandingkan dblog yang membahas banyak topik.

#2. Susahnya menjalin kepercayaan pembaca

Tidak dipungkiri lagi, setiap pembaca sebuah blog pasti akan lebih memilih blog yang membahas topik yang sama. Alesannya simple, blog yang fokus pada sebuah topik akan dianggap profesional dan lengkap.

#3. Identitas blog tidak jelas

Benar sekali, blog yang gado-gado sering dianggap tidak memiliki identitas, hal ini disebabkan karena sipenulis tidak akan fokus menulis pada sebuah konten saja, sehingga hal ini akan berpengaru pada poin no 2.

Baca juga : Cara Sukses ngeblog

Membuat Blog Yang Mmebahas Satu Topik / Niche

Setelah kita membahas blog yang gado-gado, selanjutnya kita akan membahas keuntungan dan kekurangan dari blog yang membahas satu topik / Niche.

Keuntungan membangun blog yang membahas satu topik

#1. Lebih mudah soal SEO

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, blog yang membahas satu topik akan dianggap lebih relevan oleh google, hal ini dikarenakan blog yang seperti ini lebih jelas identitasnya.

Artikel yang salng berkesinambungan dan berhubungan juga akan menguatkan blog yang seperti ini untuk bersaing pada mesin pencarian google.

#2. Mudahnya menjalin kepercayaan dari pembaca

Kebanyakan pembaca akan memilih blog yang topiknya jelas dan lengkap, maka dari itu blog yang membahas satu topik ini akan lebih mudah untuk menarik pembaca dan menjalin kepercayaan dari visitor.

#3. Memiliki kedapalam informasi yang bagus

Blog dengan satu niche dianggap memiliki informasi yang jelas dan lengkap oleh pembaca, sehingga pembaca akan lebih suka mencari informasi dari blog seperti ini.

Kekurangan dari blog yang membahas satu topik / Niche

Setelah kita membahas tentang keuntungan, selanjutnya kita membahas tentang kekurangan blog dengan tipe seperti ini.

#1. Update artikel lebih sulit

Masalah update jadi hal utama bagi para blogger, membuat sebuah artikel dengan hal yang itu-itu saja memang akan terasa sulit daripada membuat artikel yang banyak topik.

Masalah kebosanan dan malas juga bisa menjadi hal utama gagalnya seorang blogger untuk update secara terjadwal diblognya tersebut.

#2. Keterbatasan pengetahuan

Pemikiran seorang blogger yang niche akan lebih sering merasa terbatas, apalagi seorang tersebut membuat blog yang bukan hobi dia, maka dia akan sulit untuk membuat artikel dan update secara terjadwal.

Itu tadi beberapa hal yang bisa sobat bandungkan untuk membuat sebuah blog. Saya tidak melarang sobat untuk membuat blog yang seperti apapun yang sobat mau.

Saran saya, buatlah sebuah blog yang sesuai dengan hobi sobat sehingga nantinya sobat akan merasa selalu asik untuk nulis dan berbagi kepada orang lain.

Kang Apin

Bukan blogger profesional, saya hanya penulis biasa yang lagi belajar dan berbagi apa yang sudah saya ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *