Membuat Tulisan Yang Berkualitas Untuk Blog “Pemula”

Bisa membuat tulisan yang berkualitas adalah harapan bagi setiap blogger pemula. Seperti saya, saya juga berharap bisa membuat tulisan yang berkualitas layaknya blogger-blogger profesional.

Tapi, sebelum memasuki pembahasan yang lebih lanjut, mungkin kita harus mengetahui dulu apa itu tulisan yang berkualitas.

Apakah tulisan yang berkualitas itu adalah sebuah tulisan panjang lebar yang terdiri dari banyak halaman? Atau juga tulisan berkualitas itu hanya sedikit tulisan saja?

Saya sendiri sampai saat ini masih belum mengetahui dengan pasti bentuk tulisan yang berkualitas itu seperti apa. Tapi, banyak blogger yang mengatakan buatlah tulisan yang berkualitas dan bla-bla-bla.

Untuk mengetahui dengan pasti, yuk kita sama-sama belajar untuk memahami apa itu tulisan yang berkualitas untuk mengisi konten dalam blog kita.

Dari beberapa artikel yang saya baca, banyak yang mengatakan tulisan yang berkualitas itu adalah tulisan yang memiliki mutu yang baik.

Saya sendiri sampai tahap ini masih bingung, tulisan yang memiliki mutu yang baik itu seperti apa. Apakah tulisan yang mengikuti EYD atau tulisan yang mengikuti kemauan kita saja.

Semua hal itu tidak dijelaskan sejara detail oleh masing-masing blogger yang menulis tentang tulisan yang berkualitas tersebut.

Lalu, maksud dari tulisan berkualitas secara detail itu seperti apa?

Menurut KBBI alias Kamus Besar Bahasa Indonesia

#1. Arti kualitas adalah tingkat baik atau buruknya seuatu.

#2. Derajat atau taraf (Kepandaian, Kecakapan dan sebagainya).

Dari arti yang telah diberikan oleh kamus besar bahasa indonesia, mungkin kita dapat menyimpulkan kalau tulisan yang memiliki kualitas itu adalah bentuk tingkat baik dari tulisan yang kita buat.

Sebenarnya, jika kita mencari referensi dari sumber-sumber tersebut, mungkin kita malah akan ngerasa sulit untuk mengartikan tulisa yang berkualitas itu apa.

Terlepas dari semua hal itu, saya pernah membaca sebuah artikel yang membahas tentang tulisan berkualitas itu seperti apa.

Dalam artikel tersebut mengatakan, untuk membuat tulisan yang berkualitas itu kita harus bisa memposisikan dulu diri kita sebagai penulis dan pembaca.

Mungkin, maksud dari kata-kata itu mengajak kita untuk bisa memahami dulu tulisan kita, apakah kita bisa mengerti dengan jelas apa yang kita tulis atau tidak.

Menurut saya apa yang dia katakan itu memang benar. Untuk bisa membuat tulisan yang berkualiat, kita harus bisa memposisikan diri sebagai pembaca untuk tulisan kita sendiri.

Guru saya dulu pernah mengatakan, tulisan yang baik itu bukan tulisan yang bagus, yang rapi dan terlalu banyak menggunakan kata-kata yang terlalu formal.

Tapi, tulisan yang baik dan berkualitas itu adalah tulisan yang bisa dengan mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca tanpa harus merasa kesulitan saat memahaminya.

Baca juga : Menentukan konten blog

Lalu, bagaimana cara agar tulisan kita memiliki kualitas dan baik

Untuk bisa membuat tulisan yang berkualitas, mungkin beberapa cara ini bisa kita jadikan referensinya ya sobat. Yuk kita sama-sama belajar menambah kualitas untuk tulisan kita.

#1. Banyak membaca

Perbanyaklah membaca untuk bisa menambah ilmu kita sobat, membaca jadi hal yang paling utama untuk kita kalau kita ingin menjadi penulis yang memiliki kualitas dan profesional.

#2. Terus menulis

Selalulah menulis, kualitas bisa terjadi karena faktor keterbiasaan kita, untuk menjadi penulis yang baik, kita dituntut untuk selalu menulis dan menulis sampai kita menjadi penulis yang baik.

#3. Posisikan diri sebagai pembaca

Setelah kita menulis, jangan lupa untuk membaca ulang tulisan kita, apakah tulisan kita bisa kita pahami atau tidak, kalau kita sendiri masih sulit untuk memahami tulisan kita, apalagi orang lain.

3 cara itu mungkin bisa sama-sama kita terapkan untuk membuat kita menjadi seorang penulis yang berkualita. Yang saya berikan gak harus sobat anggap benar.

Itu semua hanya pendapat saya melalui beberapa referensi yang saya baca, jika sobat memiliki pendapat lain, sobat boleh menulisnya di kolom komentar, jika baik, nanti bisa saya jadikan referensi juga untuk membangun blog ini.

Semoga bermanfaat.

Kang Apin

Bukan blogger profesional, saya hanya penulis biasa yang lagi belajar dan berbagi apa yang sudah saya ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *